Mengenal Mata Uang Crypto: Sejarah, Perkembangan, dan Masa Depan

Mengenal Mata Uang Crypto: Sejarah, Perkembangan, dan Masa Depan

 

mata uang crypto
mata uang crypto

Euforia mata uang crypto di tanah air terjadi pada akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021. Ini terlihat dari semakin tingginya angka pencarian informasi seputar mata uang digital ini pada mesin telusur Google. Banyak masyarakat dibuat penasaran untuk lebih mengenal kripto (dalam bahasa indonesia) karena fenomena kenaikan salah satu mata uang cryptocurrency di pasar jual beli yang mencapai tingkat kenaikan sebesar 1000%.

Peristiwa luar biasa ini tentu saja menimbulkan animo di kalangan masyarakat, khususnya mereka yang sudah terbiasa dengan pasar jual beli aset, misalnya saham, obligasi, reksadana, dan masih banyak lagi. Alasan inilah yang membuat kami tertarik untuk menulis ulasan tentang mata uang kripto untuk Anda agar lebih memahami dan mengerti sebelum memiliki salah satu diantaranya. Karena faktanya, jumlah mata uang crypto yang beredar saat ini telah mencapai ribuan dan akan terus bertambah!

Apa itu Kripto ?

Kripto atau Kriptografi adalah nama inisial dari Enkripsi. Sebuah sistem keamanan yang dibangun sejak perang dunia pertama untuk melindungi komunikasi agar tetap terjaga rahasianya. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi dan perangkat komputer, kriptografi banyak dipergunakan untuk kepentingan-kepentingan kerahasiaan. Misalnya untuk kepentingan pembuatan password, perlindungan akses, dan masih banyak lagi. Hingga di era modern saat ini kriptografi dijadikan landasan untuk membuat mata uang digital yang sekarang ini Anda kenal sebagai crypto.

Pada dasarnya, kriptografi terbentuk dari skema matematis dan aplikasi komputer untuk membuat sistem keamanan yang sangat sulit untuk di retas, bahkan dengan kemampuan hack terbaik. Agar sebuah pesan dapat diterima dengan baik, simbol-simbol ini harus dipecahkan dengan penggabungan sumber daya komputer yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Untuk itu, hampir tidak mungkin kriptografi di bobol oleh satu orang hacker atau sekelompok kecil.

Memasuki dunia digitalisasi, dimana segalanya serba online, muncullah ide pembuatan mata uang digital yang mengadopsi cara kerja kripto itu sendiri. Ide ini dicetuskan oleh salah seorang yang diyakini sebagai penemu mata uang crypto, dan sampai saat ini identitas asli sang penemu masih belum diketahui dengan pasti?

Pencetus Mata Uang Crypto

Ide pembuatan mata uang yang berasal dari sistem matematis dan aplikasi komputer atau kriptografi awalnya dianggap ide “gila”. Seperti yang kita ketahui, uang hanya bisa diproduksi oleh lembaga pemerintahan yang sah, misalnya untuk di Indonesia sendiri ada Bank Indonesia (BI). Bagaimana mungkin membuat sebuah mata uang digital?

Tapi, seorang ahli di bidang perangkat komputer tetap mempublikasikan white paper di forum internasional untuk mendapatkan tanggapan dari pengguna forum dan pembaca. Hasilnya hampir secara keseluruhan user menyetujui ide konyol tersebut, sampai pada akhirnya terbentuklah satu mata uang kripto pertama yang sekarang menjadi sangat populer berkat kenaikan harga yang fantastis. Bahkan mata uang kripto pertama ini sudah menjadi jasa pembayaran crypto yang umum, khususnya untuk penjualan produk-produk digital, contohnya software, aplikasi, script, dan lain-lain.

Satoshi Nakamoto

 

Satoshi Nakamoto
Satoshi Nakamoto

Satoshi Nakamoto adalah nama pengguna yang menuliskan white paper tersebut di forum internasional. Dan ia juga yang dinobatkan sebagai penemu Bitcoin. Walaupun sejatinya ini menjadi kesimpangsiuran tentang identitas Satoshi Nakamoto. Tidak ada kepastian sosok baik dalam bentuk wawancara khusus terkait Satoshi Nakamoto. Ia tidak pernah “menampakan diri”, dan tidak ada satupun media yang berhasil menemukan Satoshi Nakamoto untuk membuat sebuah liputan khusus atas penemuannya, yaitu Bitcoin (BTC).

Karena itu juga banyak asumsi yang berkembang bahwa Satoshi Nakamoto adalah sosok warga Jepang. Ini terindikasi dari username yang ia pergunakan di situs forum. Ada juga yang beranggapan penggunaan username Satoshi Nakamoto untuk mengelabui semua orang agar kehidupan pribadinya tidak terganggu di kemudian hari, dan sejatinya ia bukan orang yang berasal dari Jepang. Ketidakjelasan ini masih berlanjut sampai hari ini dimana Bitcoin sudah dikenal banyak orang dan memiliki nilai yang sangat tinggi. Saat postingan ini diterbitkan, harga 1 Bitcoin sudah mencapai angka Rp 800.000.000. Prakiraan para pengamat investasi, Bitcoin akan terus mengalami kenaikan harga hingga menyentuh 1 miliar di akhir tahun 2021 mengingat kepopuleran dan pasokan Bitcoin yang berbatas.

Bitcoin sebagai Pionir Uang Crypto

Penemu Bitcoin atau BTC diasumsikan adalah Satoshi Nakamoto, ini karena kehadiran Bitcoin yang tak berselang lama setelah kemunculan white paper di situs forum. Tepatnya Bitcoin hadir pada tanggal 1 November 2008 dengan total pasokan maksimal 21.000.000.  Harga saat pertama kali hadirnya Bitcoin di pasaran sebesar  kurang lebih Rp 5.000 hingga sekarang telah menyentuh angka Rp 800.000.000 hanya dalam tempo 12 tahun. Bagaimana jika pada saat kelahirannya Anda telah mengoleksi 100 Bitcoin untuk kepentingan investasi? Mungkin saja saat ini ada sudah tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia melihat jumlah nilai 100 BTC Anda saat ini. Itu hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 500.000 di tahun 2008. Tahun 2021 nama Anda sudah tercatat di Forbes.

Menurut Market Cap, Bitcoin merupakan mata uang crypto peringkat pertama di tengah jumlah mata uang digital yang saat ini sudah mencapai ribuan. Sementara total kap pasar sebesar $1.118.628.328.493. Angka ini akan terus bertambah mengingat masih tersedianya Bitcoin untuk ditambang sebesar Rp 2.000.000. Prakiraan BTC tidak dapat lagi memberikan komisi kepada penambang atas upah yang mereka dapatkan dari hasil memecah kode matematis pada tahun 2140. Seperti itulah proses menghasilkan BTC selain membeli di exchanger.

Baca juga: Rekomendasi Bisnis Rumahan Modal Kecil

Ethereum

Peringkat kedua untuk mata uang crypto di pegang oleh Ethereum berdasarkan Market Cap, April 2021. Salah satu pesaing utama BTC terkuat dengan blockchain yang terus mengalami peningkatan sistem dan beberapa proyek jangka panjang. Nilai dari sebuah mata uang kripto dapat terbentuk dari kontrak kerja jangka panjang yang ditawarkan kepada perusahaan dan individu.

Lahir pada 24 Juli 2014, Ethereum merupakan pengembangan mata uang crypto Ethereum Clasic. Awal kemunculan Ethereum atau ETH di patok dengan harga $0,308 menurut Binance, salah satu exchanger terbaik di dunia yang juga memiliki mata uang kripto sendiri dan saat ini menjadi 10 besar mata uang kripto terpopuler berdasarkan kapitalis pasar.  Ethereum tidak memiliki batasan maksimal pasokan yang di edarkan untuk umum. Jika Anda tertarik menambang ETH, saat ini saja, April 2021 harga ETH telah mencapai angka Rp 30.000.000 hanya dalam kurun waktu 8 tahun.

Cara Menghasilkan Uang Crypto

 

cara menghasilkan uang crypto
cara menghasilkan uang crypto

Bagaimana cara memperoleh atau dapat mengoleksi dan memiliki mata uang crypto? Sejauh yang penulis pahami, untuk dapat memiliki mata uang crypto, ada dua cara yang dapat Anda tempuh, yang pertama Anda perlu melakukan aktivitas menambang. Kegiatan ini adalah pekerjaan aktivitas dimana Anda memecahkan setia kode matematis dari seluruh transaksi di mata uang crypto tertentu, misalnya Bitcoin. Anda membutuhkan perangkat komputer atau di masa perkembangannya, Anda dapat memanfaatkan sebuah aplikasi untuk Handphone yang dapat dipergunakan untuk menambang. Harap dicatat, perlu koneksi internet yang sangat cepat agar aktivitas menambang Anda dapat berjalan tanpa ada kendala.

Yang kedua, Anda dapat memperolehnya melalui exchanger seperti Binance, Indodax, atau Tokocrypto. Situs ini adalah sarana untuk mereka yang bergelut di dunia jual beli atau hanya sekedar menjadi investor untuk memperdagangkan crypto mereka. Cukup lakukan pendaftaran akun, selanjutnya Anda deposit dengan mata uang fiat (rupiah/dolar), dan mulai memasang harga beli untuk mata uang crypto yang ingin Anda koleksi.

Mata Uang Crypto Terbaik untuk Investasi

Kami bukan pakar crypto, atau ahli analisis market crypto, dan kami sangat menyarankan pada Anda agar hati-hati dan melakukan penelitian lebih lanjut sebelum membeli mata uang crypto, karena ini semua memiliki resiko yang sangat tinggi, Anda dapat kehilangan uang Anda di dunia jual beli crypto dengan sangat cepat. Seperti kebanyakan aktivitas trading, high risk, high return. Dan jangan pernah pergunakan uang yang menjadi keperluan pembelian kebutuhan Anda sehari-hari untuk membeli crypto di pasar perdagangan, karena itu akan sangat berbahaya.

Banyak hal yang harus Anda pahami sebelum berinvestasi di mata uang crypto. Jangan mudah tergoda dengan iming-iming cepat untung, dan lain sebagainya. Ya, dalam beberapa kasus, ada beberapa orang yang “beruntung” dapat menghasilkan sejumlah uang yang besar dari kepemilikan mata uang crypto. Tapi ada yang harus Anda mengerti, mungkin saja orang tersebut sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menganalisis mata uang crypto yang memiliki potensi kenaikan di masa depan.

Jika diminta memberikan masukkan, maka kami menyarankan pada Anda untuk membeli mata uang crypto yang memiliki fundamental kuat, memiliki proyek jangka panjang yang jelas, dan memiliki komunitas yang aktif. Semua hal penting ini dapat Anda temukan di mata uang crypto Bitcoin, Ethereum, BNB.

Legalitas Uang Crypto di Indonesia

Banyak negara di dunia yang tidak mengakui keberadaan mata uang crypto sebagai alat tukar, salah satunya adalah Indonesia. Bahkan untuk Bitcoin sendiri yang sudah memiliki jaringan luar dan proyek jangka panjang masih belum mendapatkan kejelasan dari pemerintah, dalam arti Bitcoin tidak dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran di negara ini, hanya diperbolehkan sebagai komoditas, artinya hanya berupa aset digital yang dapat diperdagangkan layaknya batu bara, dan lain-lain yang termasuk dalam komoditas. Ini tertuang dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi No 5 Tahun 2019.

Jika Anda mengenal Warrent Buffett, salah satu investor sukses di dunia dan kerap masuk ke dalam daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes berpendapat bahwa mata uang crypto bukan sesuatu yang berharga untuk dijadikan investasi, tidak ada nilai yang terdapat di dalamnya. Beliau sangat menentang keberadaan mata uang crypto itu sendiri. Sementara Elon Musk, pendiri dari SpaceX dan Tesla malah mendukung mata uang crypto dan kerap mempromosikannya di akun twitter. Lantas, apakah Anda akan tetap membeli mata uang crypto untuk investasi? Semua keputusan ada di tangan Anda.

Sarana Belajar Memahami Uang Crypto

Jika Anda tetap memiliki ketertarikan tinggi akan mata uang crypto dan berharap dapat memiliki satu diantaranya, kami akan merekomendasikan pada Anda saluran-saluran terbaik untuk belajar memahami seperti apa mata uang crypto, prospek jangka panjang, dan informasi crypto di ulas secara lengkap di saluran ini:

Jujur kami akui, bahwa saat ini kami salah satu investor dari mata uang crypto. Dan kami kerap mencari tahu tentang crypto pada saluran di atas sebelum membeli dan memantau mata uang crypto yang baik untuk di koleksi, tentu saja dengan tetap menyadari akan segala resiko dari berinvestasi di mata uang digital ini.

Manadopost.co.id

Saya adalah seorang Blogger pemula yang ingin berbagi tulisan saya kepada orang lain melalui Blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Post Comment