12 Rekomendasi Bisnis Rumahan Modal Kecil

12 Rekomendasi Bisnis Rumahan Modal Kecil

 

Bisnis Rumahan
Bisnis Rumahan

Bisnis Rumahan, 2 kata ini populer di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, dahulu hal ini sangat tidak lazim, tapi sekarang dimana setiap kita dapat melakukan kegiatan usaha dari mana saja, tanpa perlu sarana dan lokasi yang strategis, apalagi jika berbicara mengenai bisnis yang di kelola dari rumah. Hal ini juga dimungkinkan di tengah aktivitas bisnis yang semakin banyak dilakukan di dunia online. Ditambah zaman industri yang sudah memasuki era 4.0 (four point zero).

Bisnis rumahan menjadi peluang usaha baru untuk mereka yang dapat melihat kesempatan emas ini. Walaupun persaingan tetap saja ada, mengingat modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, tentu saja tidak ada alasan untuk tidak mencoba bisnis rumahan!

Berikut ini kami akan hadirkan ulasan seputar bisnis rumahan beserta contoh-contoh jenis usaha sebagai bahan renungan dan rekomendasi untuk Anda sebelum memulai bisnis dari rumah. Baiklah, langsung saja …

Persiapan Memulai Bisnis dari Rumah

persiapan bisnis dari rumah

Hal yang sangat mendasar sebelum memulai kegiatan bisnis adalah dengan mempertanyakan kepada diri Anda, apakah Anda sudah memiliki persiapan untuk memulai bisnis?, apakah Anda sudah memikirkan hal-hal yang sangat tidak terduga saat bisnis itu berjalan?, dan apakah Anda sudah memiliki opsi cadangan jika ternyata bisnis Anda tidak berjalan sesuai rencana?.

Tujuan dari memperhatikan kesiapan adalah agar Anda tidak jatuh ke dalam jurang kerugian akibat dampak bisnis Anda tidak menghasilkan untung, bahkan untuk balik modal saja tidak. Akhirnya, Anda bisa saja depresi dan mengalami gangguan mental dan kejiwaan. Sudah banyak contoh mereka yang gagal dalam melakukan usaha bisnis harus merasakan pahitnya gagal dalam bisnis lalu frustasi. Jangan sampai hal tersebut menimpa Anda. Untuk itu, silahkan lakukan persiapan-persiapan ini terdahulu sebelum melakukan kegiatan bisnis rumahan …

1. Persiapan Diri: Waktu, Tenaga, dan Pikiran

Apakah Anda sudah memiliki waktu nantinya dalam mengelola usaha rumahan? Jika Anda seorang ibu rumah tangga, ada baiknya bisnis ini Anda bicarakan kepada pasangan, agar nantinya pasangan Anda bersedia membantu jika Anda harus disibukkan dengan urusan bisnis, misalnya mempersiapkan kebutuhan anak, menjaga anak, dan kegiatan-kegiatan lainnya ketika di rumah.

Anda juga harus mempersiapkan tenaga dan pikiran Anda nantinya untuk mengelola bisnis. Pekerjaan ini tidak mudah. Ingat!, rumah yang seharusnya tempat berkumpulnya keluarga dan berbagai cerita harus “dijadikan” tempat usaha. Ini sebuah dilema tersendiri untuk Anda. Belum lagi jika saudara Anda berkunjung ke rumah, apakah Anda sudah siap jika bisnis Anda terganggu?, apakah Anda sudah mempersiapkan tempat untuk itu? Silahkan pikirkan baik-baik!.

2. Persiapan Modal: Uang dan Alat

Namanya kegiatan usaha selalu saja membutuhkan uang dan alat untuk menjalankannya, hampir tidak ada usaha yang tanpa modal! Sebaiknya Anda tidak menghabiskan seluruh tabungan Anda untuk membangun usaha rumahan Anda. Jika ternyata melalui perhitungan dana yang Anda miliki belum mencukupi untuk memulai usaha, ada baiknya untuk mengundur waktu usaha. Kami berharap Anda tidak mencoba melakukan pinjaman uang untuk memulai bisnis rumahan Anda, walaupun tidak membutuhkan modal besar, tapi akan membebani Anda nantinya.

Di artikel ini kami akan mencoba merangkum jenis usaha rumahan bermodalkan 10 juta ke bawah. Budget ini sangat realistis untuk membangun sebuah usaha, bahkan untuk usaha yang bergerak dalam bidang online, contohnya ketersediaan jaringan internet Anda, komputer, atau smartphone untuk menunjang kegiatan bisnis Anda. Ini adalah modal awal yang menjadi alat untuk memulai bisnis, khususnya yang bergerak dalam dunia online.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

ide bisnis rumahan

Sekarang kita akan memasuki pembahasan ide bisnis rumahan modal kecil. Berbicara mengenai modal kecil, tentu saja setiap kita memiliki perbedaan besaran angka. Ada yang beranggapan modal kurang lebih 10 juta sangat kecil untuk memulai usaha rumahan, ada yang beranggapan terlalu besar, ada juga yang beranggapan sangat realistis. Jadi, bagaimana pendapat Anda?

Disini kami akan menjelaskan rincian biaya pengadaan alat untuk memulai usaha rumahan yang menjadi ide kami untuk Anda. Silahkan dipertimbangkan sendiri untuk memotong biaya pengadaan alat yang sekiranya terlalu mahal untuk Anda. Harga alat kami dapat melalui penelusuran harga termurah di internet.

1. Usaha Laundry

Kegiatan usaha ini akan sangat tepat jika Anda jalankan di perumahan. Seperti yang kita ketahui, warga yang tinggal di perumahan memiliki waktu yang terbatas untuk mencuci pakaian, mereka sudah sangat disibukkan dengan aktivitas di luar rumah, contohnya bekerja, bersosial, atau bahkan liburan. Akan sangat tepat lagi jika Anda jalankan di perumahan yang tidak terlalu mewah, dimana kemungkinan setiap warga mayoritas tidak memiliki asisten rumah tangga, agar usaha laundry Anda mendapatkan peluang di tengah-tengah lingkungan.

  • Mesin Cuci: Harga Rp 3.500.000
  • Perlengkapan Mencuci: Rp 1.500.000

2. Bisnis Pulsa dan Token Listrik

Pulsa dan Token Listrik adalah kebutuhan pokok yang sangat mendasar untuk masyarakat, dimana sekarang ini hampir setiap orang telah memiliki handphone, dan hampir setiap rumah sudah terpasang meteran listrik, apalagi rumah yang berada di wilayah perkotaan, bahkan untuk wilayah-wilayah pedalaman saja juga sudah tersambung listrik. Ini tentu saja menjadi peluang yang sangat menjanjikan untuk Anda jalankan di rumah. Anda dapat bekerja sama dengan beberapa provider penyedia pulsa dan listrik, atau Anda dapat bermitra dengan jaringan bisnis ini, contohnya bekerja sama dengan Mitra Tokopedia, dan masih banyak lagi.

  • Handphone: Harga Rp 2.000.000
  • Internet: Harga Rp 350.000

3. Toko Sembako

Walaupun jenis usaha ini telah “dikuasai” oleh mini market, tapi untuk Anda jalankan di rumah untuk lingkungan perumahan atau perkampungan tetap akan mendapatkan peluang, mengingat mini-mini market yang ada sangat jarang melirik pasar yang lebih sempit, mereka kerap membangun usahanya di pinggir jalan raya yang memiliki peluang lebih besar untuk melakukan penjualan.

  • Biaya Membangun Lapak sebesar Rp 3.000.000
  • Pengadaan Barang Dagangan sebesar Rp 7.000.000

Kami menyarankan Anda untuk mulai berdagang kebutuhan yang sangat mendasar untuk masyarakat dan tidak membutuhkan modal besar. Contohnya perlengkapan kebersihan, mulai dari sabun mandi, odol, sikat gigit, deterjen, dan jajanan anak. Selain akan lebih cepat laku, keuntungannya juga cukup menjanjikan.

4. Warung Makan untuk Sarapan Pagi

Usaha rumahan yang sangat jarang diketahui oleh masyarakat. Tapi faktanya jenis usaha ini sangat menjanjikan. Tidak semua ibu rumah tangga “bisa” menyiapkan sarapan di pagi hari, bahkan asisten rumah tangga saja sudah direpotkan dengan berbelanja di pasar. Sementara suami dan anak-anak harus berangkat pagi hari untuk menjalankan aktivitasnya. Mau tidak mau membeli sarapan pagi menjadi pilihan terbaik.

  • Steling: Harga Rp 2.000.000
  • Peralatan Memasak: Biaya Rp 1.500.000
  • Bahan Memasak, Beras, Ikan, Daging, Tepung, Dll sebesar Rp 2.000.000

5. Jasa Penitipan Anak dan Bayi

Untuk memulai usaha ini, tidak diperlukan biaya yang cukup besar, Anda hanya perlu menyediakan sarana bermain anak dan beberapa alat bermain untuk anak menghabiskan waktu ketika bersama Anda. Melalui usaha ini, Anda dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp 300.000 sampai dengan Rp 1.000.000. Tergantung bagaimana Anda menyediakan fasilitas penitipan anak dan bayi dan negosiasi tarif kepada orang tua.

  • Alat Bermain: Rp 5.000.000
  • Tempat Tidur Bayi: Rp 2.000.000

6. Bimbingan Belajar (Bimbel)

Ketika ide bisnis membuka bimbingan belajar terlintas di pikiran Anda, silahkan pikirkan apakah Anda memiliki bakat untuk memberikan pelajaran dasar untuk anak usia dini?. Dibutuhkan keahlian khusus untuk memulai bisnis ini, jika diperlukan Anda dapat merekrut mahasiswa untuk menjadi pengajar di Bimbel Anda dengan upah yang sangat wajar mengingat status mereka yang masih mahasiswa aktif.

  • Sarana Belajar: Rp 6.ooo.ooo (papan tulis, bangku, dll)
  • Upah Pengajar: Rp 1.500.000

7. Les Kursus Keahlian

Jika Anda memiliki keahlian khusus dalam suatu bidang, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan membuka usaha ini di rumah. Contohnya les kursus menjahit, memasak, dan les kursus bahasa asing, misalnya bahasa inggris, mandarin, dan lainnya. Aktivitas dapat Anda lakukan pada siang sampai sore hari. Jika sangat “terdesak”, Anda dapat melakukan les di malam hari.

  • Kisaran Biaya Rp 8.000.000 (tergantung dengan jenis kursus)

8. Catering

Peluang usaha yang satu ini bisa saja musiman, bisa saja tidak, tergantung bagaimana Anda mempromosikan jasa catering Anda pada orang lain. Promosi di sosial media, informasi dari mulut ke mulut, dan membuat status di akun sosial menjadi upaya-upaya yang harus Anda lakukan demi menarik banyak pelanggan. Ya, walaupun jasa Anda akan dibutuhkan pada saat ada acara tertentu saja, tapi jika yang mengetahui usaha Anda sudah cukup banyak, ini menjadi keuntungan yang sangat besar.

Untuk menjalankan usaha ini, Anda perlu membangun hubungan yang baik kepada calon konsumen Anda yang tidak tahu itu siapa, bisa saja teman, saudara, atau orang lain. Jika hubungan telah terjalin dengan baik, tidak menutup kemungkinan bisnis Anda akan di pakai suatu saat nanti.

  • Kisaran Biaya Rp 7.000.000

9. Reseller

Bagaimana melakukan usaha ini dari rumah? Cukup mudah, Anda hanya perlu menjalin kerja sama dengan toko-toko online atau produk ternama yang membuka kesempatan pada pihak lain menjual produk mereka kembali dengan harga yang kompetitif. Contohnya menjadi reseller oriflame, reseller top up game, dan lainnya yang dapat Anda jual kembali seperti pengertian reseller itu sendiri.

Cara yang paling rahasia adalah dengan membuat catalog produk-produk yang ingin Anda jual kembali, bahkan produk yang barangnya masih di marketplace seperti Tokopedia, Shopee. Buat daftar barang dan rincian harga, selanjutnya tawarkan ke orang-orang yang Anda kenal dan di sekitar Anda. Manfaatkan juga event promo dengan harga murah dari perusahaan dan produk tertentu, selanjutnya Anda jual dengan harga normal.

  • Biaya Rp 2.500.000

10. Jasa Ketik

Usaha ini tidak memerlukan keahlian khusus, Anda hanya perlu melatih kecepatan mengetik di komputer dengan 10 jari agar aktivitas usaha Anda dapat berjalan dengan cepat. Sangat banyak pihak yang mencari jasa ketik di inetrnet, Anda dapat mendaftarkan diri di situs freelancer.co.id, karena disini tempat pekerja lepas mempromosikan jasa mereka kepada individu atau perusahaan. Upayakan Anda memiliki rating yang baik, jangan pernah kecewakan pelanggan Anda, agar kegiatan usaha Anda dapat berjalan dengan lancar, maju, dan sukses. Besar kemungkinan apakah Anda akan mendapatkan klien di freelancer.co.id dapat ditentukan dari kredibilitas Anda yang terlihat dari rating. Anda juga dapat membuka jasa secara mandiri, artinya Anda membuat situs yang menawarkan jasa Anda, contohnya saja situs jasa pembayaran paypal yang teman saya rintis, hanya diperlukan biaya pembuatan web kurang dari Rp 1.000.000.

  • Laptop: Harga Rp 4.000.000
  • Internet: Rp 350.000/bulan

11. Content Writer

Jenis usaha ini masih memiliki keterkaitan dengan jasa ketik, hanya saja disini diperlukan pengetahuan khusus untuk nantinya dapat dipercaya mengisi konten artikel di blog atau bahkan situs berita online. Biasanya mereka yang membutuhkan jasa ini mencari penulis yang memang memiliki keahlian di topik artikel yang ingin mereka pesan. Selain itu dibutuhkan juga kemampuan penulisan SEO friendly. Silahkan Anda cari tahu apa itu SEO jika Anda tertarik menjalankan usaha ini dari rumah.

  • Laptop: Harga 4.000.000
  • Biaya Belajar Privat SEO Rp 2.000.000

12. Design dan Editing

Usaha rumahan terakhir adalah Design dan Editing. Ini peluang usaha yang sangat menjanjikan di era teknologi seperti sekarang ini. Banyak pihak-pihak yang mencari ahli design dan editing untuk keperluan pemasaran. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk hal ini, jangan cepat putus asa, Anda dapat belajar secara singkat dan tekun, kami meyakini tidak diperlukan waktu yang lama untuk dapat menguasai design grafis dan editing, tergantung pada tingkat kebutuhan dan kesulitan. Untuk yang sangat mendasar Anda dapat mempelajari selama 3 bulan saja.

Jika Anda rasa sudah cukup memiliki kemampuan dalam bidang design dan editing, silahkan jalan usaha Anda dari rumah. Sementara untuk meningkatkan calon pelanggan dan pendapatan, Anda dapat bergabung di situs freelancer.co.id atau sribulancer.com.

  • Biaya Kursus Design Grafis sebesar Rp 3.000.000
  • Biaya Kursus Editing sebesar Rp 3.000.000

Asumsi besaran biaya membuka usaha rumahan di atas berdasarkan prakiraan saja. Silahkan Anda sesuaikan dengan ketersediaan budget untuk memulai usaha dari rumah. Anda dapat menghemat dengan membeli perlengkapan-perlengkapan yang tidak terlalu mahal, atau lebih murah dari harga yang kami sajikan di atas.

Manadopost.co.id

Saya adalah seorang Blogger pemula yang ingin berbagi tulisan saya kepada orang lain melalui Blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Post Comment