Jenis dan Daftar Harga Mesin Las (Update)

Jenis dan Daftar Harga Mesin Las (Update)

 

Jenis dan Daftar Harga Mesin Las
Jenis dan Daftar Harga Mesin Las

Sudah banyak yang mungkin mendengar terkait dengan mesin las, namun belum mengetahui secara pasti terkait dengan guna dari adanya mesin ini. Mesin las merupakan cara yang biasa digunakan untuk menyambungkan beberapa logam dengan cara memanfaatkan tenaga listrik agar dapat mencair, sehingga mudah untuk disambungkan dengan logam lainnya. Penggunaan mesin las ini sendiri juga tidak dapat sembarangan dilakukan karena perlu untuk mengetahui cara melindungi diri agar tetap aman dalam proses menyambungkan logam tersebut.

Dalam artikel ini nantinya akan diberikan penjelasan lebih lanjut terkait dengan jenis dan daftar harga mesin las, beserta pula kegunaan dari mesin ini dan cara aman dalam menggunakannya.

Berbagai Jenis Mesin Las yang Dapat Digunakan

Dalam penggunaannya sendiri, mesin las memiliki berbagai macam jenis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan juga seperti apa sistem pada mesin tersebut. Pada bagian ini akan dijelaskan terkait dengan jenis dan daftar harga mesin las yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Ketika anda sudah mengetahui jenis dan harga mesin las, anda juga dapat menjadikan ini sebagai peluang usaha rumahan. Terlepas dari itu, hal ini demi menghindari adanya dari kesalahan terhadap barang mesin las yang diinginkan serta didapatkan. Beberapa jenis mesin las yang ada yaitu seperti berikut ini:

  1. Mesin las karbit yang biasa digunakan pada jenis objek pengelasan dengan ukuran yang kecil ataupun juga tipis. Biasanya logam maupun besi yang digunakan hanya memiliki ukuran tebal maksimal hingga 2 mm saja. Pada jenis mesin las karbit ini sendiri, peralatan yang perlu untuk digunakan angkanya memang cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Selain itu, proses pemeliharaan jenis ini juga cukup mudah dan juga tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk merawatnya. Biasanya penggunaan mesin ini dinilai cukup mudah dan tidak perlu untuk menguasai teknik pengelasan yang khusus.
  2. Pada jenis yang kedua ini yaitu untuk jenis mesin las listrik. Jenis ini sendiri juga terbagi pada beberapa jenis, diantaranya:
  3. Mesin Las Listrik dengan tipe MMA/MMAi yang juga termasuk jenis SMAW (Shielded Metal Arc Welding). Dari namanya, untuk tipe ini biasa digunakan untuk para welder yang khusus ingin mengelas bahan yang terbuat dari besi. Biasanya tipe ini digunakan untuk mengelas bahan yang tidak terlalu berat dan juga masih secara umum digunakan. Tentu saja, ketebalan besi yang perlu untuk dilas akan mempengaruhi dari kekuatan listrik yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Ukuran dari arus listrik ini sendiri dapat dilihat dari ampere yang terpampang pada nama dari mesin las tersebut. Biasanya ampere ini ditandai dengan angka yang berada pada nama merek atau jenis mesin las yang digunakan sebagai tanda bahwa angka ini merupakan maksimal dari besarnya listrik yang dihasilkan dari mesin tersebut.
  4. Mesin Las Listrik dengan tipe TIG (Tungsten Inner Gas) yang menggunakan gas argon untuk mengelas berbagai bahan seperti baja ringan, aluminium, hingga pula untuk berbagai jenis kuningan. Dalam menggunakan jenis mesin las ini perlu untuk diperhatikan lebih karena perlu untuk menggunakan teknik khusus dan tidak dapat secara sembarangan dilakukan. Perlu ahli jasa las tangerang jika anda berada di lokasi yang sama dengan sang ahli, sama seperti jenis yang sebelumnya, untuk ampere dapat dilihat pada nama yang tertera dalam mesin las tersebut.
  5. Mesin Las Listrik dengan tipe MIG yang artinya sebagai Metal Inner Gas, menggunakan gas karbon dioksida untuk bahan mengelas jenis dari metal hingga logam. Jenis mesin las ini digunakan khusus untuk bahan yang dinilai cukup tebal, bahkan juga seperti rangka motor hingga kapal besar yang memerlukan pekerjaan yang rapi pada hasil pengelasannya. Pada industri yang besar sering ditemui penggunaan dari jenis mesin las ini karena lebih cocok untuk digunakan jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Mesin ini juga sebenarnya dapat digunakan pada jenis bahan yang tipis dan kecil, bergantung pada hasil yang diinginkan.

Daftar Harga Mesin Las yang Perlu Diketahui

Pada bagian yang membahas jenis dan daftar harga mesin las, di atas sudah dijelaskan terkait dengan apa saja jenis mesin las yang ada di pasaran. Tentu saja mesin ini sendiri harganya bergantung terhadap merek dan juga besar dari arus listrik yang perlu untuk dikeluarkan. Harga yang dibanderol untuk mesin las sendiri berkisar mulai pada angka Rp 500.000,00 hingga menyentuh angka Rp 11.000.000,00 tergantung jenis mesin las yang diinginkan. Semakin tinggi ampere dari daya listrik yang diperlukan, maka semakin tinggi pula harga untuk mesin tersebut. Untuk merk rhino sendiri terdapat dua jenis yang ditawarkan, yaitu inverter dan juga argon. Terdapat merk lain juga seperti lakoni yang menyediakan jenis falcon dan hawk TIG, daiden, multipro, hingga rilon.

Angka perkiraan harga mesin las tersebut yang telah di sebutkan di atas tentu dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu dan juga lokasi pembelian. Oleh karena itu, perlu untuk melakukan survei terlebih dahulu terhadap harga yang ada di pasaran agar dapat menyesuaikan budget yang ada. Hal ini juga untuk memberikan pengetahuan terhadap pasaran yang ada agar dapat membandingkan tempat satu dengan lainnya, sehingga dapat mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan dari mesin las yang ditawarkan dan memastikan untuk sesuai dengan kebutuhan dari pengelasan sendiri.

Cara Aman Dalam Menggunakan Mesin Las

Setelah membahas terkait jenis dan daftar harga mesin las seperti di atas, perlu juga untuk memiliki pengetahuan terkait dengan apa saja yang perlu untuk diperhatikan agar proses pengelasan dapat berjalan dengan aman dan nyaman. Salah satunya yaitu perlu untuk memastikan bahwa terdapat sistem pembuangan yang aman dan juga efektif sehingga pihak yang mengelas dapat merasa nyaman dan juga aman serta terhindar dari bahaya yang dihasilkan dari proses pengelasan itu sendiri. Jika yang melakukan pengelasan sering terkena paparan dari partikel serta pula asap yang dihasilkan dari proses pengelasan itu sendiri, hal ini dapat membawa bahaya untuk kesehatan dari pengelas itu sendiri. Maka dari itu, perlu untuk selalu memasang alat yang dapat melindungi diri dari bahaya partikel serta asap hasil mengelas agar tidak sampai terhirup dan juga masuk ke dalam tubuh.

Hal lain yang perlu untuk diperhatikan yaitu perusahaan atau tempat bekerja perlu untuk memastikan bahwa tubuh dari tukang las dapat terhindar dari berbagai bahaya yang mengintai. Jika perlu, perusahaan harus melakukan tes terhadap tingkat racun yang ada karena hasil dari proses pengelasan itu untuk memastikan tingkatan bahaya yang mengintai pekerjanya. Maka dari itu, perlu untuk adanya sistem pembuangan yang efektif dan juga alat pelindung bagi pekerja untuk memastikan mereka dalam keadaan yang selalu aman serta tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Penjelasan terkait dengan jenis dan daftar harga mesin las serta proses yang aman bagi pekerja dapat membantu untuk memberikan pengetahuan terkait dengan dunia mengelas itu sendiri. Hal ini tentu saja berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak dapat terjadi dan juga aman untuk proses pengelasan serta sesuai dengan kebutuhan. Para pihak yang mengerjakan las ini perlu untuk mengetahui hal apa yang harus mereka hadapi agar dapat menjaga diri dengan baik.

Manadopost.co.id

Saya adalah seorang Blogger pemula yang ingin berbagi tulisan saya kepada orang lain melalui Blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Post Comment