Review Situs Jual Beli (Lelang) eBay

review ebay
Review eBay

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, semua berjalan serba online, termasuk untuk kegiatan berbelanja. Jika terdahulu untuk membeli produk fisik kita harus pergi ke sebuah pasar atau toko yang berada di lokasi tertentu, dewasa ini semua dapat dilakukan secara online.

Belum lagi berbicara mengenai kecanggihan teknologi yang membuat apa-apa saja sekarang ini bisa dilakukan secara online, di dukung dengan kehadiran situs semua menjadi memungkinkan. Dan lagi, masyarakat saat ini sudah mulai terbiasa melakukan apa saja secara online.

Kali ini kami ManadoPost mau coba memberikan ulasan untuk salah satu situs jual beli online yaitu eBay. Ini karena ada sesuatu yang menarik dari situs ini yang membuatnya beda dari situs marketplace yang ada. Apa-apa saja perbedaan tersebut, simak review berikut ini …

eBay

eBay lebih tepatnya adalah sebuah situs lelang, selain Anda dapat menawarkan produk atau membeli produk, Anda juga dapat melakukan negosiasi harga. Ini yang sangat berbeda dari eBay jika dibandingkan dengan situs yang memiliki fungsi sama.

Berdiri pada tahun 1995, 15 tahun setelah eBay memberikan layanan, situs ini langsung berhasil mencatatkan perolehan laba sebesar 9.156 juta dolar dengan kekayaan aset mencapai angka 22 juta dolar pada tahun 2010 menurut catatan eBay Wikipedia.

eBay didirikan oleh Pierre Omidyar. Sementara kantor pusatnya sendiri berada di San Jose California, Amerika Serikat. Toko penting di eBay adalah Meg Whitman sebagai Presiden sekaligus CEO.  Usaha lain yang masih dalam naungan eBay ialah PayPal, salah satu dompet elektronik terpopuler di dunia. Kepemilikan PayPal sendiri diperoleh melalui akuisisi.

Melihat catatan di atas, tak heran eBay masuk dalam 10 besar situs jual beli online terbaik di dunia, menemani Amazon, Alibaba, dan situs-situs lainnya. Sementara di Indonesia sendiri situs yang memiliki kemiripan dengan eBay ialah OLX dan KasKus, dimana di kedua situs ini Anda juga dapat melakukan pelelangan dan penawaran harga.

Potensi Peluang Usaha Berkat eBay

Mengingat keberadaan eBay di luar negeri, walaupun cakupan pasarnya sudah hampir di seluruh negara termasuk Indonesia, ternyata kemunculan eBay membuka peluang usaha sendiri, salah satunya adalah jasa pembayaran ebay. Anda dapat melihat fenomena ini di Google dengan mengetik kata kunci jasa pembayaran ebay atau jasa pembelian barang di ebay.

Mengapa Peluang ini Ada ?

Ya, walapun eBay telah memberikan fasilitas berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia, tapi selalu saja ada kesulitan yang dirasakan oleh calon konsumen ketika ingin berbelanja, ketika kesulitan ini timbul, maka alternatifnya adalah mencari jasa atas kesulitan kita tersebut. Belum lagi dengan metode transaksi keuangan yang berlaku di eBay. Situs ini hanya menerima pembayaran dengan kartu kredit dan paypal. Tentu saja tidak semua orang memiliki alat pembayaran ini. Apa lagi jika berbicara kepemilikan kartu kredit, prosesnya sangat panjang dan harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu.

Inilah salah satu alasan mengapa banyak pihak yang menawarkan jasa pembayaran dan pembelian barang di eBay. Peminatnya sangat banyak, hal ini di dukung oleh ketersediaan beragam produk di eBay, ditambah harga yang sangat kompetitif.

Apakah setelah membaca ulasan ini Anda tertarik berbelanja di eBay? Jika benar demikian, rasakan sensasi berbelanja tersendiri dari aktivitas negosiasi harga yang tidak pernah Anda temukan di situs-situs marketplace populer tanah saat ini. Misalnya saja Tokopedia dan Shopee. Intinya adalah eBay memang beda! Selama mencoba dan berbelanja ria.

Manadopost.co.id

Saya adalah seorang Blogger pemula yang ingin berbagi tulisan saya kepada orang lain melalui Blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda.