Header Ads

Kesbangpol Hadirkan Stefanus dan Onibala dalam Penyuluhan Politik Pemilih Pemula


MANADOPOST.CO.ID-RATAHAN-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  Mitra, menghadirkan DR Stefanus seorang dosen politik,  dan Kepala Badan Kesbangpol Sulut Drs Meky Onibala MSi,  dalam penyuhan politik masyarakat pemilih pemula, dalam hal ini para perwakilan pelajar kelas II dan kelas III SMA dan SMK se-Mitra,  akhir pekan lalu, di ruangan rapat, Kesbangpol,  Mitra.


Dalam penyuluhan ini,  Stefanus selaku pembicara pertama,  mengajak siswa pemilih pemula untuk mempersiapkan diri memilih demi daerah dan bangsa.

"Bagi siswa yang akan memilih,  siapkan diri anda dan datanglah memilih. Jangan sampai anda tak menggunakan hak berdemokrasi anda. Itu keliru, sebab sebagai anak bangsa yang baik, kita harus menyalurkan hak politik kita untuk nanti menentukan nasib daerah dan bangsa kita. Dan mari kita memilih dengan cerdas,  yakni mempelajari visi misi calonnya," ujar Stefanus, ahli politik ini.

Sementara itu,  Onibala banyak menyinggung soal peran Kesbangpol.  Menurut Mantan Sekda Mitra ini, Kesbangpol itu tugasnya untuk menjadikan suasana pesta demokrasi itu berjalan aman, nyaman dan sukses.

"Karena Kesbangpol itu memiliki tugas mengkaji suasana keamanan politik. Apa yang sedang terjadi di masyarakat dalam situasi pesta demokrasi, itu jadi tanggungjawab Kesbangpol. Dan Kesbangpol menjadi intelejennya pemerintah daerah," ujar Onibala.

Terkait pelaksanaan Pilkada Mitra,  Onibala sepakat dengan pembicara awal,  yaitu mengajak seluruh siswa pemilih pemula untuk dapat menggunakan hak pilih dengan baik.

"Kalau adik-adik memilih harus dengan kajian yang baik. Maksudnya memilih itu dengan melihat apa yang akan dilakukan calon. Kenali calon dan programnya. Tapi saya tahu warga Mitra,  didalamnya ada adik-adik sekalian sudah sangat cerdas dan hebat semua memilih yang terbaik," papar Mantan Penjabat Bupati Minsel ini.

Dia menyebut, di Mitra hanya ada satu pasangan calon,  yakni James Sumendap SH dan Drs Joke Legi, maka silahkan warga untuk menilai.

"Di Mitra beda dengan daerah lain yang ada lawan, seperti di Minahasa, Sitaro,  Talaud,  Bolmut, ada lebih dari satu. Untuk itu silahkan menilai mana yang terbaik untuk anda pilih,  demi Mitra yang lebih baik," pungkas Onibala, sembari memberikan banyak materi soal peran Kesbangpol melalui tampilan layar LCD.

Di tempat yang sama,  Kaban Kesbangpol Mitra Welly Mononimbar,  menyatakan,  kegiatan penyuluhan ini,  sengaja dihadirkan,  sebab, pihaknya berharap semua pemilih pemula di Mitra bisa menyalurkan hak politiknya dengan baik pada 27 Juni,  2018 mendatang,  serta Pemilu Legislatif dan Presiden 2018 mendatang.

"Sasaran penyuluhan ini agar disaat mereka memilih untuk yang pertama, mereka dapat memberikan hak dengan baik dan benar. Betul-betul suara mereka disalurkan dengan bertanggungjawab, sebab ini untuk menentukan daerah kita. Dan ini juga demi masa depan mereka," pungkas Mononimbar,  sembari mengatakan terima kasih pada Stefanus dan Onibala yang telah datang memberikan materi yang luar biasa. 

Liputan Biro Mitra : Reagen Pantow

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.