Header Ads

Gelar Pra Musrenbang, Pemkab Terus Rancang Mitra Makin Canggih



MANADOPOST.CO.ID-RATAHAN-Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, sepertinya masih terus punya mimpi besar untuk membangun daerah.

Upaya untuk merancang kabupaten yang dikenal kabupaten Salak,  karena memproduksi buah Salak yang sangat banyak dengan kualitas rasanya di Desa Pangu, sungguh benar-benar merindukan kabupaten ini menjadi canggih dari sisi infrastruktur dan sarana umum lainnya.

Hal itu nampak,  ketika Pemkab Mitra membahas program-program strategis dalam berbagai bidang saat menggelar Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten, di Hotel Lagoon, Manado, selama dua hari,  yakni (19-20/3).

Acara yang difasilitasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mitra ini,  banyak membahas hal-hal strategis.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Mitra Drs Robby Ngongoloy, ME MSi, dalam beberapa arahannya, saat hadir diacara ini.

Dia mengatakan, kegiatan Pra Musrenbang ini membahas tentang penentuan skala prioritas pembangunan,  termasuk didalamnya infrastruktur, sosial budaya dan ekonomi, terutama program yang bersentuhan langsung dengan pelayanan terhadap publik.

"Pada prinsipnya Pra Musrenbang ini untuk kemajuan Mitra 2019 mendatang menjadi lebih baik dan hebat. Maka, memberikan pemahaman tentang cara pengisian Rencana Kerja (Renja) OPD tahun 2019 berbasis online, menggunakan sistem elektronik atau e-planning yang diinput melalui website resmi Pemkab Mitra menjadi sangat penting diketahui di acara ini," papar Ngongoloy.

Birokrat sarat prestasi berdarah Tatengesan, Pusomaen ini,  menambahkan, hasil yang ingin diwujudkan dalam Pra Musrenbang kabupaten adalah rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) yang selaras.

"Dengan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui usulan musrenbang kecamatan,  baik dari aspek  kewenangan, prioritas penanganan, alokasi, volume dan aspek pagu indikatif, menjadi bahan yang sangat penting untuk kita gunakan," jelas Ngongoloy.

Hasil pra musrenbang ini,  jelas Mantan Kadis Pendidikan Mitra, akan terkompilasi, tersinkronisasi dan selaras prosesnya dengan prioritas pembangunan daerah 2019.

"Makanya pra musrebang ini menjadi sangat penting sebelum kita sahkan menjadi program prioritas pembangunan Mitra 2019 mendatang," papar Ngongoloy.

Pejabat hebat Mitra yang masih rangkap jabatan Asisten II, Setdakab Mitra ini,  mewarning, agar setiap perangkat daerah bertindak profesional dalam membuat perencanaan untuk akurasi akselerasi percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas melalui pembangunan infrastruktur, peluang investasi produk unggulan dan inovasi daerah guna mewujudkan masyarakat Mitra Jelas Sejahtera.

"Saya minta pada Bappeda Mitra sebagai koordinator perencanaan daerah, dapat memastikan prioritas pembangunan daerah yang betul-betul direncanakan  hingga ke level rencana kerja anggaran," pintah Ngongoloy.

Sekedar diketahui,  kegiatan ini mengambil tema, Akselerasi Pembangunan untuk Peningkatan Pertumbuhan di Segala Bidang, dalam mewujudkan masyarakat yang jelas sejahtera.

Hadir dalam acara ini, yakni seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Mitra.

Kegiatan Pra Musrembang ini ditutup oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, Pemkab Mitra Drs Piether Owu ME.

Liputan Biro Minsel : Reagen Pantow

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.