Header Ads

Birokrat Andal Nova Tarumingkeng Siap Mundur, Karena Ingin Layani Rakyat di DPRD Mitra



MANADOPOST.CO.ID-Kabar gembira untuk warga Mitra,  khususnya di Daerah Pemilihan (Dapil)  3, Kecamatan Belang dan Ratatotok. 

Mengapa?  Karena salah satu srikandi Belang yang dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi, dikabarkan akan maju bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg)  2019 mendatang.

Dia adalah Nova Tarumingkeng MPd. Sosok wanita yang murah senyum ini,  diperoleh kabar bahkan siap mundur dari jabatannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Cik Nova,  begitu dia disapa,  diketahui bukan hanya sekedar ASN biasa,  namun dia memiliki jabatan strategis,  yakni saat ini sebagai Sekretaris Kecamatan (Sekcam)  Belang. 

Apa yang membuat Cik Nova siap melepaskan jabatan pentingnya di jajatan Pemkab Mitra?

Wartawan Manadopost.co.id pun mencoba meminta konfirmasinya.

Dan akhirnya bertemu di kompleks Kantor Bupati Mitra, Rabu (28/2), kemarin.

Dia pun membenarkan dia siap mundur dari posisi yang sudah digelutinya hampir 15 tahun. Alasannya, yakni dia ingin memberi lebih lagi untuk rakyat Mitra,  khususnya warga Belang dan Ratatotok,  dengan jalur menjadi wakil rakyat.

"Memang tak mudah untuk memilih, apalagi untuk meninggalkan jabatan saya, tapi satu tekad saya, yaitu ingin mengabdi dan memberikan kontribusi nyata lebih besar lagi untuk masyarakat. Dengan masuk sebagai anggota DPRD, maka akan lebih luas lagi peran yang saya bisa tunjukkan untuk rakyat," ujar Nova.

Dia mengakui, sudah banyak warga yang memintahnya untuk maju sebagai wakil rakyat,  yang memang harus menjadi perhatiannya.

"Ini menjawab keinginan warga juga. Maka hal inilah yang lebih mendorong saya untuk maju dan mundur nanti dari jabatan sebagai ASN, menju legislatif Mitra," jelas Nova.

Baginya,  DPRD memiliki 3 fungsi utama yang sungguh sangat strategis,  yakni fungsi pengawasan (mengawasi semua kinerja pemerintah/eksekutif), fungsi penganggaran (Budjeting, membahas dan mengesahkan APBD/APBD-P),  dan fungsi legislasi (membuat dan mengesahkan Peraturan Daerah).

"Jadi saya melihat wakil rakyat memiliki tugas dan fungsi yang sangat besar untuk rakyat, hanya memang apakah para wakil rakyat telah menjalankan secara baik 3 fungsi yang melekat ini?  Inilah yang menantan saya, dan melakukannya ke depan jika rakyat mempercayakan saya.

Kalau di ASN peran saya jauh terbatas,  hingga ini yang mendorong saya untuk mundur," ulas Nova.

Ditanya dari jalur partai apakah dia akan maju,  Nova pum langsung menjawabnya.

"Kalau partai, ya pasti dari PDI Perjuangan. Kan memang harus ada keterwakilan perempuan, jadi saya masuk di partai ini," papar wanita yang aktif dalam pelayanan gereja GMIM,  bahkan dikenal sebagai Bendahara Wilayah Belang.

Ditanya soal peluangnya untuk menduduki kursi panas di DPRD Mitra, Nova pun menjawabnya diplomatis.

"Saya sangat yakin dipilih dan dipercaya warga Belang dan Ratatotok.  Dan komitmen saya sepanjang saya diberikan kepercayaan,  saya akan bekerja yang terbaik untuk rakyat di Dapil saya,  bahkan seluruh rakyat Mitra pada umumnya,  demi kesejahteraan dan kemajuan daerah," tutup wanita yang juga dikenal sebagai pengusaha sukses di Mitra.

Liputan Biro Mitra : Reagen Pantouw

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.