Header Ads

BDP Minsel Gelar Sosialisasi, Pemkab Dorong Putra-putri jadi Pelaut Andal


MANADOPOST.CO.ID-RATAHAN-Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran, Minahasa Selatan,  bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Mitra,  sukses menggelar sosialisasi program diklat dan diklat pemberdayaan masyarakat, yang menghadirkan para perwakilan siswa SMA dan SMK di Mitra.

Acara yang di gelar di Aula Resto Green Garden, Ratahan, Selasa (6/18) itu,  mengundang respon besar Pemkab Mitra.

Hal itu terlihat saat Plt Sekda Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini.

Menurut Ngongoloy,  sekolah pelayaran yang ada ini,  sungguh memberikan sebuah harapan besar soal kerja putra putra Mitra ke depan.

"Adik-adik harus bisa melihat ini sebagai peluang kerja besar ke depan. Ini studi yang sangat menjanjikan. Karena ada saudara saya yang sekolah seperti ini dia sudah menjadi seorang Kapten kapal,  dan penghasilannya per bulan sampai Rp170 juta. Maka saya senang sekolah ini datang bersosialisasi,  dan adik-adik bisa masuk menjadi taruna taruni yang nanti menjadi pelaut yang andal," ujar Ngongoloy.

Mantan Kadis Pendidikan Mitra ini, menambahkan, Pemkab Mitra melalui Dishub Mitra akan nanti merancang seperti apa fasilitas yang akan di berikan pemerintah untuk mendorong anak-anak Mitra untuk bisa sekolah di BDP Minsel sebagai calon pelaut, termasuk menjadi kapten kapal yang hebat.

"Kalau soal sosialisasi yang saat ini dilakukan, saya pikir tak masalah lagi,  dan pasti kami akan terus mendukung, hanya kami akan berupaya mensupport calon siswa di sekolah ini dengan memberikan anggaran secara khusus dana yang dibutuhkan saat masuk dan studi. Tentunya hal ini harus dibicarakan di Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)," terang Ngongoloy.

Hal yang sama disampaikan Kadishub Mitra Drs Bernhard Mokosandib ME.  Dia memastikan pihaknya akan mendukung masuknya putra-putri Mitra ke sekolah pelayaran ini.

"Di Mitra kan kita punya wilayah pesisir yang besar,  yakni di Kecamatan Ratatotok,  Belang dan Pusomaen. Nah mengapa kita tak manfaatkan peluang ini,  untuk mendorong anak-anak kita, sehingga kita ke depan melahirkan pelaut-pelaut,  termasuk kapten-kapten kapal yang hebat," tandas Mokosandib.

Sementara itu Kanit Pembinaan Mental Moral dan Disiplin (PMMD), BDP Minsel Wahyu Wibowo yang juga sebagai pengajar memberikan banyak penjelasan soal sekolah pelayaran ini, yang sebelumnya sambutan Kanit Bimbingan Konseling Royke Poluan atas nama kepala sekolah pelayaran.

Laporan Biro Mitra : Reagen Pantouw

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.